Berita

LKPP Luncurkan Portal Pengaduan

LKPP Luncurkan Portal Pengaduan

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah berencana meluncurkan portal  pengaduan online khusus untuk kecurangan dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah.  Kendati belum diresmikan, portal e-pengaduan untuk sementara sudah bisa diakses melalui alamat http://pengaduan.lkpp.go.id

Portal e-pengaduan memberikan kemudahan dalam menyampaikan pengaduan bagi penyedia barang/jasa ataupun masyarakat umum. Mereka yangmenemukan indikasi penyimpangan prosedur, praktek KKN ataupun pelanggaran persaingan sehat dalam pengadaan barang/jasa pemerintah dapat melaporkan ke portal e-pengaduan. “Pelapor nantinya akan memilih jenis kategori pengaduannya,” kata Kepala Seksi  Wilayah Kalimantan Ranto.

Ranto menambahkan, pengadu  dapat memilih sebagai anonim ataupun secara terbuka menginformasikan identitasnya.  Selanjutnya, pengaduan yang disampaikan disertai dengan bukti-bukti indikasi penyimpangan yang nantinya akan diverifikasi kejelasan dan substansinya.  “Ketika memenuhi syarat, pengaduan akan ditindaklanjuti oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) atau instansi yang berwenang, “ lanjutnya.

Melalui e-pengaduan, pengaduan yang disampaikan (status pengaduan) dapat dilacak (tracking) dari sejak terkirim sampai ditindaklanjuti oleh penyedia barang/jasa atau masyarakat.

Pengaduan yang sebelumnya disampaikan melalui portal konsultasi.lkpp.go.id (web), surat, dan berkas yang diantar langsung ke LKPP, akan diarahkan untuk disampaikan melalui e-pengaduan sehingga pengadaan barang/jasa pemerintah  semakin transparan.

Portal e-pengaduan rencananya akan dirilis secara resmi pada tanggal 30 Maret 2015. Bagi anda yang memiliki data mengenai penyimpangan barang/jasa pemerintah, segera siapkan buktinya untuk segera dilaporkan. Mari dukung untuk menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang bersih dari penyimpangan. (sumber: http://www.lkpp.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *